Minggu, 30 November 2014

5 Hal yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Berlibur

Pentingkah kita berlibur? Tentu penting doong. Selain berguna untuk melepaskan kepenatan rutinitas sehari-hari,menurut penelitian, berlibur pun membuat otak refresh dan lebih kreatif ketika harus kembali ke rutinitas.


Bagi sebagian masyarakat,berlibur sama pentingnya dengan bekerja. Bahkan penulis pernah membaca sebuah phrase “will work for travel” yang artinya,rela bekerja untuk liburan, menakjubkan bukan?

uyeah~




        
Nah,para pembaca sekalian pasti pernah dong berlibur? Atau masih bingung mau liburan kemana? Kali ini penulis akan membagikan tips 5 hal yang wajib anda lakukan sebelum berlibur. Apa tuh? Ikutin yuuk… 

      Menentukan destinasi

      

gak ada our way ya? :v

        Pertanyaan pertama yang biasa diucapkan ketika ada ajakan berlibur adalah “ke mana?”. Betul,menentukan tujuan adalah hal terpenting pertama dari tips kali ini,karena berlibur secara etimologi adalah menghabiskan waktu di luar tempat yang biasa kita kunjungi.  Kunjungilah tempat – tempat yang sesuai dengan kepribadian atau kebutuhan anda. Gak mungkin kan anda yang ingin mencari ketenangan ketika berlibur,destinasi liburan nya ke monas? Atau anda yang punya alergi udara dingin,destinasi liburan nya ke pegunungan? Jadi,sudah menemukan destinasi liburan anda? 


      Menentukan waktu dan cuaca yang tepat



tanggal brapa yaa....

Hal yang tidak kalah pentingnya dari menentukan destinasi adalah menentukan waktu dan cuaca yang tepat. Berapa lama anda berlibur,Bagaimana keadaan kota destinasi ketika kita akan berlibur ; akankah macet karena festival dll, Sedang musim winter/summer/spring/autumn kah disana,menjadi pertanyaan pertanyaan yang cukup penting ketika anda akan berlibur ke suatu kota. Factor factor “X” ini akan menjadi pengurang kenikmatan anda berlibur jika anda mengabaikannya begitu saja. Contoh kecil dari penulis,bulan juli-agustus adalah waktu yang tidak dianjurkan untuk berwisata ke kawasan bromo, karena jika tujuan anda adalah menikmati sunrise yang bisa kita saksikan di puncak bromo,maka anda mungkin hanya bisa berharap,mengapa? karena di bulan-bulan tersebut,kawasan bromo sedang  dingin-dingin nya,bisa mencapai -100C, dingin banget kan? Selain itu awan pagi pun biasanya menghalangi sang mentari yang akan terbit,sia-sia banget kan kalau begitu? Oleh karena itu,alangkah lebih baiknya jika kita mencari tahu info destinasi wisata kita sebelum berkunjung kesana,kan?


Menyesuaikan anggaran

 
sapa mau sapa mau??

        
        Setelah anda menentukan destinasi dan waktu serta cuaca yang tepat,kini anda harus menyesuaikannya dengan anggaran yang anda miliki. Walaupun tidak selalu liburan yang anda lakukan menghabiskan hasil yang anda tabung selama ini,akan tetapi tidak bisa pula kita katakan bahwa setiap liburan pasti murah. Tentukan prioritas anggaran yang akan anda belanjakan,seperti kendaraan apa yang akan anda gunakan untuk mencapai destinasi berlibur anda, pengeluaran untuk membeli makanan atau camilan yang akan anda makan ketika berlibur,tempat menginap jika anda bertujuan untuk menginap disana, atau bahkan alokasi belanja buah tangan untuk sanak saudara. Usahakan per rinci anggaran berlibur anda untuk mencapai kenyamanan ketika berlibur,dan jangan lupa pula siapkan dana “uang dadakan” untuk keperluan yang tidak terduga,atau mungkin keperluan yang lupa anda masuk kan ke anggaran berlibur anda. 



      Menyiapkan segala perlengkapan yang sekira nya akan digunakan

   
penting nih...

        
        Banyak hal hal yang tak terduga ketika kita berlibur. Sudah susah payah kita mengecek cuaca kota yang akan kita kunjungi,ternyata keadaan sebenarnya malah sebaliknya. Oleh karena itu,selalu persiapkan segala perlengkapan perlengkapan yang mungkin akan kita gunakan di tempat liburan kita, misalnya jaket ketika kita akan berlibur ke daerah dingin, atau sunblock ketika kita berlibur ke daerah panas. Bawa selalu obat-obatan ringan untuk persiapan di tempat berlibur,obat merah dan aspirin adalah salah satunya.  


      Izin ke orang tua,suami/istri,kerabat dll (optional)



 
izin dlu ya guuys...

Walaupun ini optional,penulis kira hal ini cukup penting untuk dilakukan. Bayangkan, misalnya kita berlibur ke tempat-tempat yang cukup berbahaya seperti pegunungan,dan terjadi hal hal yang tidak diharapkan (tersesat,misalnya), bagaimana anda bisa ditemukan,kalau anda tidak izin ke orang-orang terdekat anda kan?. Selain itu,izin ke orang-orang terdekat anda pun mungkin akan menghadirkan minat untuk berangkat bersama, menyenangkan kan jalan-jalan bersama orang terdekat anda?





Begitulah tips kali ini dari penulis, semoga bermanfaat






INDONESIA, HEAVEN ON EARTH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar